TUGAS SEORANG MAHASISWA

TUGAS SEORANG MAHASISWA
RS 10 F UKSW KOMPAK

Jumat, 30 Maret 2012

Tugas asesment pak Donal

Ternyata masih tugas kuliah ngantre ya?
Gak jadi malem minggu dong....
Gak papa lah....
Kali ini putra akan share tugasnya pak Donal yang cukup menguras skilL kita...
Dari tentuin standar kompetensi
Kompetensi dasar sampe indikator...
Trus buat soal 30. Tambah prediksi Jawaban....
Yang bikin ngejutin juga kita disuruh ngrjain tugas pake spss....
Komed aj gk d ajarin spss yah...
C̼.̀̽-̯̫̽̈́.́̽ɔ̼ wew c̼.̀̽-̯̫̽̈́.́̽ɔ̼ wew c̼.̀̽-̯̫̽̈́.́̽ɔ̼ wew c̼.̀̽-̯̫̽̈́.́̽ɔ̼
˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚•☺•˚ώκώЌώk
Namanya aj blajar gan....
Kudu semngat.....
Nih gak usah panjang lebar....
Cek tkpnya dimari untuk tugasnya pak donal yang lebih lengkap
http://db.tt/FKSmq1bj
Semoga bermanfaat ya teman....
◦°˚˚˚°◦G☺d♡Bl姧◦°˚˚˚°◦

Tugas komputer & media pembelajaran

Weekend nih....
Asek yang lagi sibuk liburan...
Yang lagi buat tugas kuliah gigit jari

˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚•☺•˚ώκώЌώk
Aku mau share tugas komed nih....
Khususnya buat anak pgsd uksw yg lg mldapet matakuliah komed....
Cek tkp ya gan di sini
http://db.tt/JectRutC

Kamis, 29 Maret 2012

Galeri foto

Bisa dilihat disini gan...
Cekidot...
Maaf masih campuraduk...
Dari foto kuliah, dosen ulang tahun sampe foto narsis....
http://db.tt/S8jfosCH

PENGUMUMAN RESMI SD


 

                                               
 


PENGUMUMAN
Nomor: 036/026.337/2012

TENTANG
 UPACARA HARI BESAR
TAHUN AJARAN 2011/2012


Bersama ini diberitahukan kepada semua siswa – siswi SD Marsudirini 77 Salatiga. Akan diadakan Upacara Hari Kartini . Yang akan dilaksanakan :
Hari/Tanggal                        : Sabtu, 21 April 2012
Jam                                         : 07.00 - 08.30 WIB
Tempat                                  : Lapangan SMP Stella Matutina Salatiga
Diwajibkan untuk semua siswa memakai pakaian seragam merah putih lengkap dengan topi dan dasinya, serta memakai sepatu hitam. Demikian pengumuman yang dapat disampaikan.


Salatiga, 17 April 2012
Kepala Sekolah


(SETIA DWI SAPUTRA)
    NIM: 292010156

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SIFAT - SIFAT CAHAYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Oleh:
SETIA DWI SAPUTRA        292010156


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA 2011-2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SD Negeri Sidorejo Lor 1 Salatiga
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : V/2
Materi Pokok              : Cahaya dan Sifat - Sifatnya
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
6.  Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu  karya/model.

B.     Kompetensi Dasar
6.1. Mendeskripsikan sifat – sifat cahaya

C.    Indikator
·         Mendiskripsikan dan mendemontrasikan sifat – sifat cahaya yang mengenai berbagai benda.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah diajarkan tentang sifat – sifat cahaya siswa kelas 5 semester 2 mampu :
·         Mendemonstrasikan sifat cahaya yang merambat lurus.
·         Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus.
·         Mendemonstrasikan sifat cahaya yang menembus benda bening.
·         Menjelaskan sifat cahaya menembus benda bening.
·         Mendemonstrasikan sifat cahaya dapat dibiaskan.
·         Menjelaskan sifat  cahaya  dapat dibiaskan.

E.     Materi Esensial
Sebuah benda dapat dilihat karena adanya cahaya, yang memancar atau dipantulkan dari benda tersebut,yang sampai ke mata. Sumber cahaya adalah benda – benda yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Contohnya matahari, lampu dan lilin.
Cahaya memiliki sifat – sifat diantaranya :
Ø   Cahaya dapat merambat lurus
Lintasan cahaya dapat disebut sinar atau berkas cahaya. Contohnya sebagai berikut:
a.       Cahaya yang masuk melalui celah – celah jendela merambat lurus.
b.      Pergantian siang dan malam. Matahari memancarkan cahaya ke segala arah. Sebagian matahari terpancar lurus menuju bumi. Belahan bumi yang terkena cahaya matahari akan terjadi siang. Adapun belahan bumi yang tidak terkena cahaya matahari akan terjadi malam.
Rounded Rectangle:  Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh percobaan bahwa cahaya merambat lurus.




Ø  Cahaya menembus benda bening
Rounded Rectangle:  Benda – benda yang dapat ditembus cahaya disebut benda bening. Contohnya air bening, kaca, gelas bening, plastik bening, dan botol bening. Benda – benda yang tidak dapat ditembus cahaya desebut benda gelap. Contohnya kertas, air susu dan air kopi. Benda yang tidak tembus cahaya apabila dikenai cahaya akan membentuk suatu bayangan karena tidak dapat meneruskan cahaya yang mengenainya. Contohnya seperti gambar samping ini.


Ø Cahaya dapat dibiaskan
Pembiasan cahaya adalah pembelokan atau perubahan arah rambat cahaya ketika melalui dua medium yang berbeda keraptannya. Medium cahaya adalah zat perantara yang dilalui cahaya. Medium zat padat lebih rapat daripada medium air. Medium air lebih rapat daripada medim udara.
a.       Bila cahaya datang dari medium renggang ke medium yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya pembiasan dari udara ke air.
b.      Bila cahaya datang dari medium rapat ke medium renggang maka cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya pembiasan cahayab dari air ke udara.
 





Rounded Rectangle:
Contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari – hari yaitu:
a.       Pensil yang diamsukkan kedalam gelas yang terisi air akan tampak patah.
b.      Dasar kolam renang terlihat lebih dangkal dari kedalaman sesungguhnya jika airnya tenang.

F.     Media Pembelajaran
Ø  Sumber
Buku elektronik Sains Jilid 5.Pengarang:Haryanto. Penerbit:Erlangga.Halaman: 109 – 122



Ø  Alat demonstrasi
Alat dan bahan

1) 3 kertas kardus berukuran 10 cm x 15 cm
2) lilin
3) korek api
4) Pensil.
5) Gelas
6) Air
7) Senter



G.    Metode dan Pendekatan
1. Metode                    : Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi
2. Pendekatan                         : Inkuiri

H.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan (5 menit)
·         Motifasi
Guru memberikan sebuah ilustrasi kepada murid dengan bercerita, Setiap malam Leo selalu membaca buku di kamarnya. Semua pelajaran yang telah dipelajari pada siang hari, dia baca kembali. Selain itu, Leo selalu mempersiapkan buku pelajaran yang akan dipelajarinya esok hari di kelas. Suasana di kamar terlihat terang. Lampu menerangi setiap benda yang ada di kamar Leo.
·      Rumusan masalah
Bagaimana yang terjadi jika listrik mati dan tidak ada lampu penerangan yang menyala?
·         Hipotesa
Jawaban siswa

2.      Kegiatan inti (20 menit)
& Explorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-     Mendemonstrasikan alat peraga dari 3 buah kertas kardus yang di lubangi tengahnya dengan pisau, kemudian 3 kertas tersebut dijajarkan dalam satu garis. Di belakang kertas ketiga dinyalakan sebuah lilin. Kemudian guru menyuruh salah satu murid melihat cahaya dari depan kardus yang paling dekat dengan mata. Dengan mendemonstrasikan kegiatan ini anak dapat memahami dan dapat menyimpulkan bahwa cahaya dapat merambat lurus melalui lubang sampai ke mata kita.
-     Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus.
-     Mendemonstrasikan  alat peraga untuk membuktikan bahwa benda yang tidak tembus cahaya apabila dikenai cahaya akan membentuk bayangan. Guru menyuruh salah satu siswa dengan alat peraga berupa senter yang disorotkan ke tangannya  kemudian siswa disuruh mengamati apa yang akan terjadi. Demonstrasi ini bertujuan untuk menunjukan kepada siswa bahwa cahaya dapat menembus benda bening dan membentuk bayangan pada benda yang tidak tembus cahaya.
-     Menjelaskan sifat cahaya menembus benda bening.
-     Mendemonstrasikan alat peraga  untuk membuktikan bahwa cahaya itu dapat dibiaskan dengan menyuruh siswa maju kedepan kelas untuk melakukan percobaan memasukkan pensil kedalam gelas yang berisikan air. Kemudian siswa mengamati yang terjadi pada pensil. Setelah mengamati percobaan ini siswa dapat membuktikan dan tahu alasanya pensil yang dimasukkan dalam air akan kelihatan patah.
-     Menjelaskan sifat cahaya dapat dibiaskan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
-       Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan




ü  Siswa mengerjakan table dibawah ini dan dapat didiskusikan dengan kelompok
NO
Nama Benda
Benda Bening
Benda Gelap
1
Tembok


2
Kaca


3
buku


4
Botol Aqua


5
Papan


Keterangan: berilah tanda (X) silang pada kolom yang anda anggap benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-       Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-       Bertanya jawab tentang hal – hal yang telah di pelajari siswa
-       Bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.

3.      Penutup (5 menit)
a.       Kesimpulan:
Kesimpulan Khusus:
Sifat – sifat cahaya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari – hari misalnya masuknya cahaya melalui cela- cela jendela,  plastic bening, gelas bening kolam renang kelihatan dangkal, cahaya lilin dapat terlihat di lubang yang lurus dan terlihat oleh mata.

Kesimpulan Umum:
Sumber cahaya adalah benda – benda yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Contohnya matahari, lampu dan lilin. Cahaya memiliki sifat, Diantaranya adalah Dapat merambat lurus, menembus benda bening, Cahaya dapat dibiaskan.

b.      Tugas Rumah:
1.      Semua benda yang memancarkan cahaya disebut…..
2.      Benda benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat karena adanya….
3.      Benda –benda yang dapat ditembus cahaya disebut….
4.      Contoh benda yang tidak tembus cahaya adalah…..
5.      Belahan bumi yang tidak terkena cahaya matahari akan terjadi……

I.       Penilaian
Ø  Jenis         : Tertulis
Ø  Bentuk     : Pilihan Ganda
Ø  Soal
Pilihlah jawaban dengan membubuhkan tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggap paling benar!

1. Berikut ini yang bukan merupakan sumber cahaya adalah. . . .

a. Matahari
b. Bumi
c. Lampu
d. Lili


2. Peristiwa berikut yang membuktikan cahaya merambat lurus yaitu....
a. Cahaya  menembus benda bening                                                  
b. Terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. Memantulnya cahaya pada cermin
d. Rambatan cahaya matahari yang lurus ketika melewati genting kaca

3. Dasar kolam yang jernih tampak dangkal. Hal ini disebabkan peristiwa....
a. Pembiasan cahaya                           c. Pemantulan cahaya
b. perambatan cahaya                          d. Cahaya menembus benda bening



4. Benda – bnda yang dapat ditembus cahaya disebut ….
a. Benda bening                                  c. Bayangan
b. Benda gelap                                                d. kertas

5.      Jika cahaya datang dari zat yang rapat menuju zat yang kurang rapat,
maka cahaya akan . . . .
a. Dibiaskan mendekati garis normal
b. Dipantulkan kembali
c. Dibiaskan menjauhi garis normal
d. Merambat lurus

Ø  Kunci jawaban :
1.b
2.d
3.a
4.a
5.c

Ø  Penilaian :
Jumlah soal benar (5) x 20 =100

Mengetahui,
               Kepala Sekolah


( TEGO PRASETYO,S.PD.,M.PD )
      NIP 196707261993111001

Salatiga, 16 Maret 2012
    Guru Mata Pelajaran


( SETIA DWI SAPUTRA )
        NIM   292010156