RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Oleh:
SETIA
DWI SAPUTRA 292010156
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA 2011-2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SD Negeri Sidorejo
Lor 1 Salatiga
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : V/2
Materi
Pokok : Cahaya dan Sifat -
Sifatnya
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x
pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model.
B.
Kompetensi Dasar
6.1. Mendeskripsikan
sifat – sifat cahaya
C.
Indikator
·
Mendiskripsikan
dan mendemontrasikan
sifat – sifat cahaya yang mengenai berbagai benda.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
diajarkan tentang sifat – sifat cahaya siswa kelas 5 semester 2 mampu :
·
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang
merambat lurus.
·
Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus.
·
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang
menembus benda bening.
·
Menjelaskan sifat cahaya menembus benda
bening.
·
Mendemonstrasikan
sifat cahaya dapat dibiaskan.
·
Menjelaskan
sifat cahaya dapat dibiaskan.
E.
Materi Esensial
Sebuah benda dapat dilihat karena adanya
cahaya, yang memancar atau dipantulkan dari benda tersebut,yang sampai ke mata.
Sumber cahaya adalah benda – benda yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri.
Contohnya matahari, lampu dan lilin.
Cahaya memiliki
sifat – sifat diantaranya :
Ø Cahaya dapat merambat lurus
Lintasan cahaya dapat disebut sinar atau berkas
cahaya. Contohnya sebagai berikut:
a.
Cahaya yang masuk melalui celah
– celah jendela merambat lurus.
b.
Pergantian siang dan malam.
Matahari memancarkan cahaya ke segala arah. Sebagian matahari terpancar lurus
menuju bumi. Belahan bumi yang terkena cahaya matahari akan terjadi siang.
Adapun belahan bumi yang tidak terkena cahaya matahari akan terjadi malam.
Gambar dibawah
ini merupakan salah satu contoh percobaan bahwa cahaya merambat lurus.
Ø Cahaya menembus benda bening
Benda – benda
yang dapat ditembus cahaya disebut benda bening. Contohnya air bening, kaca,
gelas bening, plastik bening, dan botol bening. Benda – benda yang tidak dapat
ditembus cahaya desebut benda gelap. Contohnya kertas, air susu dan air kopi.
Benda yang tidak tembus cahaya apabila dikenai cahaya akan membentuk suatu
bayangan karena tidak dapat meneruskan cahaya yang mengenainya. Contohnya seperti gambar samping ini.
Ø
Cahaya dapat dibiaskan
Pembiasan cahaya adalah pembelokan atau perubahan arah rambat cahaya ketika
melalui dua medium yang berbeda keraptannya. Medium cahaya adalah zat perantara
yang dilalui cahaya. Medium zat padat lebih rapat daripada medium air. Medium
air lebih rapat daripada medim udara.
a.
Bila cahaya datang dari medium renggang ke medium yang
lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya
pembiasan dari udara ke air.
b.
Bila cahaya datang dari medium rapat ke medium renggang
maka cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Misalnya pembiasan cahayab
dari air ke udara.
Contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari
– hari yaitu:
a.
Pensil yang diamsukkan kedalam gelas yang terisi air akan
tampak patah.
b.
Dasar kolam renang terlihat lebih dangkal dari kedalaman
sesungguhnya jika airnya tenang.
F.
Media Pembelajaran
Ø Sumber
Buku elektronik Sains Jilid 5.Pengarang:Haryanto.
Penerbit:Erlangga.Halaman: 109
– 122
Ø Alat demonstrasi
Alat
dan bahan
1) 3 kertas kardus berukuran 10 cm x 15 cm
2) lilin
3) korek api
4) Pensil.
5) Gelas
6) Air
7) Senter
G. Metode
dan Pendekatan
1. Metode :
Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi
2. Pendekatan : Inkuiri
H.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
·
Motifasi
Guru
memberikan sebuah ilustrasi kepada murid dengan bercerita, Setiap malam Leo selalu membaca buku di kamarnya. Semua pelajaran yang telah
dipelajari pada siang hari, dia baca kembali. Selain itu, Leo selalu mempersiapkan
buku pelajaran yang akan dipelajarinya esok hari di kelas. Suasana di kamar
terlihat terang. Lampu menerangi setiap benda yang ada di kamar Leo.
·
Rumusan masalah
Bagaimana yang terjadi jika listrik
mati dan tidak ada lampu penerangan yang menyala?
·
Hipotesa
Jawaban
siswa
2. Kegiatan inti (20 menit)
& Explorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Mendemonstrasikan alat peraga dari 3 buah kertas
kardus yang di lubangi tengahnya
dengan pisau, kemudian 3 kertas tersebut dijajarkan dalam satu garis. Di belakang kertas ketiga dinyalakan sebuah lilin. Kemudian guru menyuruh
salah satu murid melihat cahaya dari depan kardus yang paling dekat dengan mata. Dengan
mendemonstrasikan kegiatan ini anak dapat memahami dan dapat menyimpulkan bahwa
cahaya dapat merambat lurus melalui lubang sampai ke mata kita.
- Menjelaskan sifat cahaya merambat lurus.
- Mendemonstrasikan
alat peraga untuk membuktikan bahwa benda yang tidak tembus cahaya
apabila dikenai cahaya akan membentuk bayangan. Guru menyuruh salah satu siswa
dengan alat peraga berupa senter yang disorotkan ke tangannya kemudian siswa disuruh mengamati apa yang akan
terjadi.
Demonstrasi ini bertujuan untuk menunjukan kepada siswa bahwa cahaya dapat
menembus benda bening dan membentuk bayangan pada benda yang tidak tembus
cahaya.
- Menjelaskan sifat cahaya menembus benda bening.
- Mendemonstrasikan alat peraga untuk membuktikan bahwa cahaya itu dapat
dibiaskan dengan menyuruh siswa maju kedepan kelas untuk melakukan percobaan
memasukkan pensil kedalam gelas yang berisikan air. Kemudian siswa mengamati
yang terjadi pada pensil. Setelah mengamati percobaan ini siswa
dapat membuktikan dan tahu alasanya pensil yang dimasukkan dalam air akan
kelihatan patah.
- Menjelaskan sifat cahaya dapat dibiaskan.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
- Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan
ü Siswa
mengerjakan table dibawah ini dan dapat didiskusikan dengan kelompok
NO
|
Nama Benda
|
Benda Bening
|
Benda Gelap
|
1
|
Tembok
|
|
|
2
|
Kaca
|
|
|
3
|
buku
|
|
|
4
|
Botol Aqua
|
|
|
5
|
Papan
|
|
|
Keterangan: berilah tanda (X) silang pada kolom yang
anda anggap benar
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
- Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
- Bertanya jawab tentang hal – hal yang telah di pelajari siswa
- Bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.
3.
Penutup (5 menit)
a.
Kesimpulan:
Kesimpulan
Khusus:
Sifat – sifat cahaya dapat kita lihat dalam
kehidupan sehari – hari misalnya masuknya cahaya melalui cela- cela
jendela, plastic bening, gelas bening
kolam renang kelihatan dangkal, cahaya lilin dapat terlihat di lubang yang
lurus dan terlihat oleh mata.
Kesimpulan Umum:
Sumber cahaya adalah benda – benda yang dapat
mengeluarkan cahaya sendiri. Contohnya matahari, lampu dan lilin. Cahaya memiliki sifat, Diantaranya adalah Dapat merambat lurus,
menembus benda bening, Cahaya dapat dibiaskan.
b.
Tugas Rumah:
1.
Semua benda yang memancarkan cahaya
disebut…..
2.
Benda benda yang ada di sekitar kita
dapat kita lihat karena adanya….
3.
Benda –benda yang dapat ditembus cahaya
disebut….
4.
Contoh benda yang tidak tembus cahaya
adalah…..
5.
Belahan bumi yang tidak terkena cahaya
matahari akan terjadi……
I. Penilaian
Ø Jenis
: Tertulis
Ø Bentuk
:
Pilihan Ganda
Ø Soal
Pilihlah
jawaban dengan membubuhkan tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggap
paling benar!
1. Berikut ini yang bukan merupakan sumber
cahaya adalah. . . .
a. Matahari
b. Bumi
c. Lampu
d. Lili
2. Peristiwa berikut yang membuktikan cahaya
merambat lurus yaitu....
a. Cahaya menembus benda bening
b. Terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. Memantulnya cahaya pada cermin
d. Rambatan cahaya matahari yang lurus
ketika melewati genting kaca
3. Dasar kolam yang jernih tampak dangkal. Hal
ini disebabkan peristiwa....
a. Pembiasan cahaya c. Pemantulan cahaya
b. perambatan cahaya d. Cahaya menembus benda bening
4. Benda – bnda yang
dapat ditembus cahaya disebut ….
a. Benda bening c. Bayangan
b. Benda gelap d. kertas
5. Jika cahaya datang dari zat yang rapat menuju zat yang
kurang rapat,
maka cahaya akan . . . .
a.
Dibiaskan mendekati garis normal
b.
Dipantulkan kembali
c. Dibiaskan menjauhi garis normal
d. Merambat
lurus
Ø Kunci
jawaban :
1.b
2.d
3.a
4.a
5.c
Ø Penilaian
:
Jumlah
soal benar (5) x 20 =100
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(
TEGO PRASETYO,S.PD.,M.PD )
NIP 196707261993111001
|
|
Salatiga,
16 Maret 2012
Guru Mata Pelajaran
( SETIA DWI SAPUTRA )
NIM 292010156
|
|
|
|
ini rpp ipa ya put?
BalasHapusbagus tuh....
tugasnya pak tego yah?
Bagus mas, ijin cuplik beberapa hal
BalasHapusWah lengkap sekali materi tentang Cahaya ini ya gan, semoga bisa menambah pengetahuan anak-anak kita mengenai pelajaran IPA pada khusunya. salam kenal.
BalasHapus